Kisah Perjalanan Robot Hijau Android


Perangkat Pc Tablet Android dan Smartphone Android saat ini memang sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Beberapa produsen perangkat mobile besar seperti Samsung, Asus, Acer, Motorola, dan masih banyak yang lainnya kini sudah mulai memproduksi perangkat – perangkat berbasis Android. Namun apakah anda mengetahui bagaimana sejarah perjalanan dari Sistem Operasi besutan Google ini hingga bisa berkembang sebesar sekarang ?. kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai sejarah singkat dari Sistem Operasi Android, langsung saja ini dia informasinya :

tablet, android, murah, harga, sistem, operasi, google,

Sistem Operasi Android sebenarnya sudah ada sejak tahun 2007 namun sistem operasi ini baru mulai diterapkan pada tanggal 9 Maret tahun 2009. Sistem operasi Android 1.1 ini pada awalnya hanya hadir dengan tampilan antar muka tau User Interface yang lebih segar dan beberapa aplikasi standar. 2 bulan kemudian tepatnya pada bulan Mei tahun 2009 Android versi terbaru kembali diluncurkan yaitu Android 1.5 yang diberinama Android CupCake. Perubahan yang cukup banyak terdapat pada Android 1.5 ini diantaranya adalah Sistem pengunggah video ke youtube, aplikasi headset tanpa kabel (Nirkabel) Bluetooth, Tampilan keyboard di layar, serta tampilan gambar yang lebih interaktif dan atraktif.

Peluncuran versi – versi terbaru Android memang bisa dikatakan cukup cepat, hanya berselang 4 bulan sejak peluncuran Android 1.5 CupCake. Pada bulan September 2009 Android versi terbaru kembali muncul yaitu Android 1.6 yang diberinama Donut. Penambahan fitur indikator baterai, fitur pemilihan data yang akan dihapus, zoom-in zoom-out gambar dengan membaca gerakan jari, koneksi CDMA/EVDO dan berbagai fitur baru yang tidak kalah canggih kembali hadir pada Android Donut ini. Penghujung tahun 2009 tepatnya pada tanggal 3 Desember google kembali menghadirkan versi pengembangan Android 1.6 ke Android 2.0/2.1 yang diberinama Éclair. Beberapa perubahan juga terjadi pada segi hardware dan software seperti, pengoptimalan sistem hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, tampilan daftar kontak baru, Digital Zoom dan Bluetooth 2.1 hadir didalam Android Éclair ini.

Berganti tahun proses pengembangan Sistem Operasi Android tidak berhenti hanya sampai disitu. Pada bulan Mei 2010 Google kembali menggebrak dengan menghadirkan Android 2.2 Frozen Yoghurt atau yang lebih dikenal dengan nama Froyo. Perubahan yang terjadi pada versi ini adalah hadirnya dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi hingga lima kali lipat dari sebelumnya, integrasi V8 JavaScript engine yang digunakan Google Chrome yang dapat mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portable, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market. Berselang 7 bulan atau pada akhir tahun 2010 Android versi 2.3 GingerBread secara resmi diluncurkan Google. Adanya peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka terbaru, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru(reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera lebih dari satau turut mendampingi kehadiran versi terbaru Android ini.

tablet, android, murah, harga, sistem, operasi, google,

Tepat pada bulan Mei 2011 Android 3.0/3.1 HoneyComb hadir. Sistem operasi yang dirancang khusus untuk melengkapi perangkat Pc tablet ini mendukung ukuran layar lebih besar. Selain itu juga Android HoneComb mendukung multi-prosesor dan akselerasi hardware untuk pengolahan grafis yang lebih baik. Pc Tablet pertama yang mengusung sistem operasi ini adalah Motorola Xoom disusul oleh Asus Eee Pad Transformer.

Berjarak beberapa bulan di tahun 2011 Android terbaru kembali muncul Android versi 4.0 ini mengusung nama Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS. Sistem operasi Android Ice Cream Sandwich ini adalah sistem operasi Android yang paling banayk digunakan oleh para prdusen perangkat mobile. Hal ini dikarenakan Android 4.0 ini dilengkapi dengan perubahan yang sangat banyak seperti hadirnya fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah (Sistem keamanan) dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Sistem Operasi Andriod terbaru saat ini adalah Andrid 4.1 dengan nama Jelly Bean. Kini juga sudah mulai banyak perangkat – perangkat Gadget yang mulai mengusung Sistem Operasi Android Jelly Bean seperti perangkat Asus Nexus 7 . fitur terbaru dari Sistem operasi Android Jelly Bean ini diantaranya adalah kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat serta lebih responsive, pencarian data kontak dengan fitur Voice Search dan masih banyak yang lainnya.

Jika melihat perkembangan Sistem Operasi Android sebelumnya Google hanya membeutuhkan waktu sekitar 3 – 7 bulan untuk menghadirkan versi – versi terbaru Android, dan salah satu keunikan dari Sistem Operasi ini selain bersiat Open Source nama dari semua versi Android ini berurutan sesuai alphabet mulai dari C hingga J dan namanya pun selalu berhubungan dengan makanan – makanan penutup. Karena itu sempat tersiar kabar bahwa Android versi selanjutnya atau Android versi 4.2 akan diberina Key Lime Pie. Namun kabar tersebut masih sebatas rumor yang hingga saat ini belum ada kejelasannya.

Google +

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s