Surface Lesu, Microsoft Lancarkan Strategi Baru


Surface

Perusahaan Microsoft kini tengah berusaha untuk menjual perangkat Pc Tablet pertamanya yang secara garis berasar kurang laku dipasaran, untuk wilayah Amerika Serikat saja Surface tidak terlalu mendapatkan banyak respon positif. Perangkat Tablet Windows tersebut akan mulai dipasarkan melalui jaringan distributor yang berada di Kanada dan 16 negara lain di wilayah Eropa. Langkah seperti ini bukanlah hal pertama yang pernah dilakukan oleh Microsoft, sebelumnya perusahaan yang juga membesut Sistem Operasi untuk perangkat Pc dan Laptop ini pun melakukan hal serupa untuk pelanggan bisnis yang berada di Amerika Serikat. “Seperti yang telah kita lakukan di AS bulan lau, kita akan mengambil pendekatan dan berencana untuk memperluasnya nanti,” ungkap Cyril Belikoff selaku Direktur Pemasaran Microsoft Surface.

Distribusi secara internasional ke 17 Negara tersebut diambil oleh Microsoft fengan mempertimbangkan beberapa kriteria, seperti jangkauan geografis, performa penjualan Tablet di negara tersebut dan layanan pelengkap dalam menawarkan perangkat tersebut kepada konsumen. Wilayah – wilayah di Eropa yang difokuskan oleh Microsoft tersebut diantaranya adalah Perancis, Jerman, Italia, Swedia, Inggris, Spanyol, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, dan juga Swiss. Para mitra distributor Microsoft ini nantinya akan berfokus untuk menjual perangkat Surface kepada kalangan perusahaan swasta, pemerintahan, sekolah dan universitas – universitas yang terdapat pada ke- 17 negara tersebut.

microsoft surface

Sejak 10 bulan dirilis ke pasaran, tingkat penjualan Tablet Surface memang dinilai kurang memuaskan. Bahkan tingkat penjualannya berada dibawah perangkat Tablet berbasis Windows dan Windows RT besutan vendor lainnya. Menurut data dari IDC, kuartal pertama tahun ini pangsa pasar Surface hanya mencapai angka 1.8 persen atau hanya terjual sekitar 900.000 perangkat saja. Angka ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan Apple dan Samsung yang memiliki pangsa pasar hingga mencapai angka 40 dan 18 persen. Bahkan Asus dan Amazon pun mampu menyentuh angka 5.5 persen dan 3.7 persen dalam tingkat penjualan perangkat Tablet.

Sementara itu masih berdasarkan data dari IDC dalam hal penjualan sistem operasi perangkat Tablet seluruh vendor pada kuartal kedua tahun ini, Windows 8 berhasil terjual sebanyak 1.8 juta unit ( 4% ) sedangkat Windows RT terjual 200.000 unit ( 0.5%). Saat ini Harga Tablet Surface RT dipasaran sekitar US$ 349 dan untuk Surface Pro dibanderol dengan harga US$ 799. Dikarenakan pangsa pasar yang kurang ini pun yang menyebabkan Microsoft untuk memangkas harga perangkat Surface hingga 30 persen.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s