Malware Berbahaya Mengintai Banyak Smartphone Dan Tablet Android


Sebuah Malware yang cukup berbahaya bagi perangkat Smartphone dan tablet Android telah ditemukan oleh Kaspersky baru – baru ini. Malware tersebut diketahui menyebar diluar Playstore atau melalui situs – situs pihak ketiga. Malware ini berupa aplikasi jiplakan dari aplikasi yang bersih yang berada di Playstore resmi.

Malware ini disebut Malware Kemoge, hal ini dikarekanan Malware tersebut memiliki pusat kontrol dan komando di apps.kemoge.net. Kemoge ini dapat menguninstal proteksi aplikasi antivirus dan melakukan pengambilalihan akses root Android pada perangkat tersebut. Dilaporkan sudah lebih dari 20 negara di berbagai belahan dunia terserang oleh Malware yang satu ini.

kliknklik

Jika Kemoge ini berhasil menginfeksi, berbagai aplikasi pada perangkat anda akan mulai disusupi dan Malware pun akan mulai mengumpulkan informasi perangkat dan akan mengirimkannya ke server untuk selanjutnya mengirimkan iklan ke perangkat secara agresif. Iklan ini akan muncul meski anda sedang tidak membuka aplikasi ataupun melakukan kegiatan apapun dengan perangkat anda.

Ada sekitar 8 exploit untuk root yang dapat digunakan untuk mengunduh, memasang dan meluncurkan aplikasi di perangkat yang telah terinfeksi. Exploit tersebut juga terdiri dari 2 jenis, pertama Eexploit yang khusus ditujukan bagi perangkat tertentu ada juga exploit yang ditujukan untuk berbagai perangkat Smartphone dan Tablet Android sekaligus.

Pihak Google pun telah diberitahu mengenai ancaman ini oleh FireEye, pihak yang pertama kali menemukan serangan malware ini. Kini pihak Google sudah mulai menghapus aplikasi – aplikasi terjangkit seperti SharIt dari Zhang Long yang kini sudah diunduh sekitar 100 ribu kali.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s